Sanata Dharma Business Plan Competition 2016 "Local and Social Spirit for Wonderful Indonesia”





Sanata Dharma Business Plan Competition 2016, merupakan kompetisi bisnis tingkat Universitas se-Jogja yang telah memasuki tahun kedua. Tahun ini SDBPC diketuai oleh Ibu Diah selaku kepala P3KWU, dan Ibu Lucia selaku kepala Ppar. Sanata Dharma, dan dibantu oleh beberapa dosen dan karyawan serta beberapa orang mahasiswa manajemen dari HMJM. SDBPC mencakup tiga rangkaian kegiatan berupa Talkshow, Live In, dan Final. 

Pendaftaran dibuka pada tanggal 25 Oktober 2016-13 November 2016 secara online, peserta diharuskan mengunduh panduan untuk membuat proposal ide bisnis sesuai dengan tema yang telah disediakan oleh panitia. Semua proposal yang telah masuk ke panitia akan diseleksi pada tanggal 14 November 2016 - 19 November 2016 oleh panitia, dan dikirimkan short listed dari proposal yang telah diseleksi kelengkapannya kepada juri, sehingga akan menghasilkan 5 proposal terbaik. 

Rangkaian acara pertama dimulai setelah seleksi proposal selesai, yaitu Talkshow yang diadakan pada tanggal 25 November 2016 di ruang seminar Driyarkara Mrican. Semua peserta kompetisi diundang untuk menghadiri talkshow yang memberi inspirasi bagi para pencipta ide bisnis muda yang hadir. Muhamad Fajar Mulyono selaku pemilik Jogja Wisata Tour dan Yogastyo Sukmanto selaku pemilik Sandal Hotel, kedua pembicara tersebut memberi banyak masukan serta menarik perhatian para peserta talkshow, sehingga banyak sekali tanggapan maupun pertanyaan yang diajukan oleh peserta talkshow, setibanya dipenghujung acara Bu Diah selaku ketua pelaksana mengalungkan call card kepada lima tim yang berhasil lolos menuju tahap selanjutnya yaitu, Live In. Dua tim berasal dari Universitas Sanata Dharma, dua tim berasal dari universitas UPN dan satu tim dari Universitas Gadjah Mada. 



Acara dilanjutkan keesokan harinya tanggal 26 November 2016, para peserta dan panitia berkumpul di depan Auditorium Sanata Dharma untuk pergi ke lokasi Live In di desa Sendang Agung. Setibanya disana kami disambut oleh pihak penyelenggara dari Sendang Agung dan para peserta diserahkan sepenuhnya oleh pihak panitia Sanata Dharma kepada pihak penyelenggara dari Sendang Agung, lalu setiap tim diberikan seorang pemandu yang berasal dari panitia Sendang Agung, dan masing-masing tim diarahkan menuju rumah penginapan yang berbeda padukuhan. Setelah para peserta beristirahat sejenak, para peserta beserta pemandu dan LO masing-masing tim berkeliling desa menuju tempat-tempat yang telah di sediakan oleh pihak penyelenggara,  tempat yang dikunjungi oleh para peserta yaitu tempat pembuat parutan, pengolahan ikan Wader, dan pengrajin bambu. Keesokan harinya dilanjutkan dengan mengunjungi kebudayaan gamelan dan penghasil wingko babat. Setelah semua tempat selesai dikunjungi dan para peserta telah selesai beristirahat, pukul 14:00 WIB panitia dan peserta mohon pamit kepada pihak penyelenggara dari Desa Sendang Agung, dan dilakukan penyerahan kembali para peserta kepada pihak Universitas Sanata Dharma.
Live in SDBPC 2016 telah berakhir, namun menjadi sebuah permulaan baru bagi masing-masing tim untuk saling berkompetisi mendapatkan posisi pertama dalam acara final tanggal 3 Desesmber 2016. Para peserta diberikan waktu selama seminggu untuk mempersiapkan proposal yang disesuaikan dengan informasi yang telah mereka dapatkan selama berada di Desa Sendang Agung, dan meyiapkan presentasi yang akan dihadiri oleh para juri, panitia, peserta tim lain, dan  perwakilan dari Desa Sendang Agung. Acara final diselenggarakan di kampus I Universitas Sanata Dharma, acara berlangsung tidak terlalu lama dan menghasilkan 3 tim pemenang dengan ide bisnis yang akan diterapkan di Desa Sendang Agung nantinya. Juara pertama diraih oleh tim Spico dari UGM, juara kedua oleh tim Jogja Tani dari UPN, dan juara ketiga diraih oleh tim Nady dari USD. 

Selamat kepada para pemenang Sanata Dharma Business Plan Competition 2016, dan terimakasih atas partisipasi para peserta mengikuti semua rangkaian kegiatan Sanata Dharma Business Plan Competitiom 2016. 

Salam Agents Of Change!!

Komentar

Postingan Populer