MANAGEMENT COMPETITION IN TOURISM 2017 “EXPOSE THE TREASURE, BEYOND YOUR LIMIT”



          
 Pada tanggal 24 Maret lalu, HMJM Universitas Sanata Dharma telah menyelenggarakan acara Management Competition in Tourism 2017. Management Competition atau biasa disebut Mancom ini merupakan sebuah kompetisi akademik tingkat nasional mengenai penerapan ilmu-ilmu manajemen dan tahun ini memasuki tahun kedua diselenggarakan.
            Management Competition tahun ini mengangkat topik pariwisata dan dengan tema “Expose the Treasure, Beyond Your Limit”. Acara ini terdiri dari beberapa rangkaian acara. Pendaftaran dibuka sejak Januari lalu dan menghasilkan 26 tim pendaftar dari berbagai universitas, baik dari dalam Yogyakarta maupun dari Luar Yogyakarta. Setelah pendaftaran di tutup, tahap pertama yang harus dilakukan peserta adalah menyelesaikan sebuah pre – case mengenai sebuah tempat pariwisata di Yogyakarta, yang nantinya akan diseleksi oleh juri untuk diambil 10 besar dan diundang ke Universitas Sanata Dharma untuk melanjutkan ke tahap kompetisi selanjutnya.
            Para finalis 10 besar kemudian mengikuti Field Trip ke salah satu tempat pariwisata di Yogyakarta, yaitu Taman Tebing Breksi. Di sana para peserta dapat mengumpulkan informasi mengenai Tebing Breksi dan permasalahan yang ada disana sebanyak-banyaknya melalui narasumber, masyarakat setempat dan observasi sendiri yang nantinya akan menjadi bahan presentasi dan debat. Setelah masing-masing peserta mempresentasikan hasil analisa dan inovasi serta masukan mereka bagi pihak tempat field trip dengan menggunakan ilmu-ilmu manajemen, mereka juga melakukan debat dimana kedua tim yang dipersilakan maju dapat saling memberikan tanggapan berupa pertanyaan kepada tim lawan. Pada tahap ini akan diambil 5 besar untuk melanjutkan tahap berikutnya.
            Tahap selanjutnya untuk 5 besar yaitu tanya jawab dengan ketiga juri. Kemudian dari tahapan ini dapat diketahui tim yang menjadi juara pertama, kedua, ketiga, keempat dan kelima. Pengumuman pemenang dilakukan pada saat gala dinner yang diadakan di Cafe Rumah Warna. Disana para finalis 10 besar mendapat hiburan dari pengisi acara, doorprize, dan makan malam bersama.
Yang menjadi juara pertama yaitu  tim Tourister dari Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, juara kedua diraih oleh Tourideas dari Universitas Gadjah Mada, juara ketiga diraih oleh Indonesia Bahagia dari Universitas Negeri Yogyakarta, posisi keempat yaitu tim Super Strategic dari UPN “Veteran” Yogyakarta, dan yang kelima yaitu Management is Back dari UPN “Veteran” Yogyakarta.
Semoga dengan diadakannya acara Management Competition in Tourism 2017 ini dapat melatih kemampuan mahasiswa-mahasiswi jurusan Manajemen, khususnya di Universitas Sanata dalam  bersaing secara sportif serta dapat melatih mahasiswa berpikir secara kreatif dalam menyelesaikan suatu masalah dan juga dapat membangun tali persahabatan antar universitas se-Indonesia.

Komentar

Postingan Populer