Studi Banding Universitas Sanata Dharma - Universitas Katolik Soegijapranata & Universitas Semarang




Kegiatan studi banding, merupakan kegiatan tahunan yang sudah biasa dilakukan oleh HMJM. Tetapi tahun ini ada perubahan kebijakan dari fakultas, kegiatan studi banding kali ini diadakan secara bersamaan bersama dengan BEM FE, HMJM, HIMAKS, dan HMForte. Panitia penyelenggara menyiapkan acara selama kurang lebih dua bulan. Semarang menjadi kota tujuan studi banding tahun ini. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 27 Mei 2017 bertepatan dengan hari Sabtu. Peserta berkumpul di depan auditorium Sanata Dharma pukul lima pagi, dan perjalanan dilakukan pada pukul setengah tujuh pagi. Wakil dekan fakultas ekonomi serta wakil ketua prodi masing-masing himpunan turut hadir dalam kegiatan studi banding. Dengan dua bus beriring-iringan dan terkesan ramai tetapi tidak mengurangi rasa keseruan dari masing-masing peserta yang hadir.
                Perjalanan pertama menuju UNIKA Soegija Pranata, setibanya disana peserta langsung disambut hangat oleh pihak penyelenggara dan dikumpulkan di ruang pertemuan. Para peserta dan pihak UNIKA cepat akrab selama acara berlangsung, sehingga ruangan dipenuhi dengan suara tawa dan cengkarama dari mahasiswa. Setelah perkenalan singkat, peserta dibagi berdasarkan himpun masing-masing ke ruangan berbeda untuk membagi ilmu, pengalaman dan suka-duka selama berorganisasi di himpunan masing-masing. Setelah itu peserta melakukan sesi foto-foto bersama dengan teman-teman dari UNIKA, acara sangat riuh karena peserta yang antusias dan bersemangat. Setelah acara selesai ditutup dengan pemberian plakat oleh masing-masing organisasi dan sesi foto bersama. Dikarenakan waktu yang mendesak peserta dari Sanata Dharma langsung menuju bus untuk kembali melakukan perjalanan berikutnya.
                Selanjutnya bus melaju menuju Universitas Semarang (USM) yang jaraknya tidak terlalu jauh dari UNIKA. Peserta langsung disambut oleh panitia dan juga dosen pembimbing dari USM. Kegiatan dilangsungkan di gedung kedokteran USM. Awal kegiatan para peserta cukup diam, namun setelah kata sambutan dari masing-masing perwakilan suasana mulai menjadi lebih hangat. Acara bertukar pengalaman oraganisasi dilakukan di satu aula, peserta dibagi kedalam kelompok berdasarkan himpunan masing-masing. Acara hanya berlangsung sebentar karena akan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang diwakilkan oleh ketua dari setiap himpunan. Sesi tanya jawab berjalan dengan lancar, dan cukup lama dikarenakan waktu sharing peserta yang sedikit. Setelah itu acara ditutup dengan pemberian plakat serta buka puasa bersama dengan pihak USM. Lalu peserta kembali ke bus untuk melanjutkan perjalanan kembali ke Jogja, peserta tiba di Jogja pukul sepuluh malam.
                Semoga kegiatan studi banding ini dapat mempererat hubungan antar himpunan di Fakultas ekonomi Sanata Dharma. Serta dapat membangun relasi yang baik dengan pihak UNIKA dan USM, dan yang terutama adalah agar ilmu dan pengalaman baik yang didapatkan selama studi banding dapat digunakan dan diterapkan demi kemajuan oraganisasi di Fakultas Ekonomi Sanata Dharma. Kiranya studi banding ini dapat memberi semangat kepada setiap pengurus agar tetap semangat dan loyal selama melayani mahasiswa lain.

Salam Agents of Change!!

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer